my own life

my own life

Rabu, 02 November 2011

biografi diri sendiri

kemaren dapet tugas bahasa Indonesia. di suruh nulis biografi diri sendiri dalam bentuk narasi. iseng posting aja ah hehe, cekidott =>




Nama   : Dewi Husnul Khotimah
Npm    : 0221 10 170
Semester III/ E
tugas mata kuliah "Bahasa Indonesia"

            Pada tahun 1992, hari rabu tanggal 25 November di rumah sakit salak, tepatnya pukul 10.15. Lahirlah seorang bayi perempuan dengan berat 2,8 kg dan panjang 50 cm.
Inilah aku, Dewi Husnul Khotimah. Aku adalah putri dari pasangan Muhammad Izroil dan Suhartini. Orang tuaku menikah pada tahun 1991. Aku berdarah campuran Jawa dan Sunda. Ayahku keturunan Jawa asli di daerah Kediri, Jawa Timur. Sedangkan ibuku keturunan Sunda asli Bogor. Dulu ayahku bekerja sebagai agen koran semenjak tahun 1986 dan berhenti tahun 1992 karena ingin fokus dengan pekerjaannya sebagai guru mata pelajaran matematika. Dan sekarang dipercaya menjadi kepala sekolah di sebuah sekolah menengah swasta di kota Bogor. Lalu ibuku membuka usaha salon di rumah semenjak tahun 1992 hingga kini. Aku menganut agama Islam. Dan tinggal di sebuah rumah yang sederhana di daerah Bantar Kemang, Bogor.
Tahun 1997, akhirnya aku bisa bersekolah di taman kanak-kanak Miftahul Huda. Setahun lamanya aku menempuh pendidikan di sana. Setelah itu pada tahun 1998 melanjutkan pendidikan ke jenjang sekolah formal di SDN Bantar Kemang 3, yang jaraknya tak jauh dari rumahku. Dari kecil, aku suka sekali membaca cerpen di majalah anak-anak. Sewaktu SD, aku berlangganan majalah Bobo dan sering mengirim jawaban teka-teki silang yang ada di majalah Bobo. Sampai lulus SD, aku masih berlangganan majalah Bobo meski semakin lama intensitasnya makin berkurang. Dan pada tahun 2004, aku lulus SD dan melanjutkan ke SMP Bhakti Insani. Sewaktu kelas 2 SMP, aku sempat les bahasa Inggris di sebuah kursus. Karena kemampuan bahasa inggrisku benar-benar buruk. Dan berhenti saat aku kelas 3 SMP karena harus fokus persiapan UAN. Saat itu berusaha keras belajar agar bisa lulus SMP dengan nilai baik. Ayah sering membantuku belajar untuk persiapan UAN, apalagi dalam mata pelajaran matematika. Dan akhirnya aku lulus dengan nilai yang cukup memuaskan. Aku meraih peringkat ke 3 di sekolah. Senang sekali rasanya usahaku membuahkan hasil yang manis. Sekalipun pada saat pengumuman kelulusan yang juga acara perpisahan waktu itu, ayah dan ibuku tidak datang melihatku naik ke panggung menerima penghargaan karena masuk 3 besar. Ayah sibuk di sekolahnya mengurus kelulusan muridnya, sementara ibuku harus datang ke acara kelulusan adikku yang baru lulus SD. Kebetulan sekali acaranya bersamaan.
Setelah itu aku melanjutkan ke SMAN 4 Bogor. Di SMA, aku mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Pramuka tingkat penegak. Namun pada saat kenaikan tingkat menjadi penegak bantara, aku tidak bisa ikut acara pelantikannya. Jadi aku hanya menjadi penegak saja. Dan di Pramuka, aku dipercaya menjadi salah satu pengurus organisasi itu. Aku ditunjuk menjadi bendahara putri. Karena di pramuka, pengurus dibagi menjadi 2, yakni pengurus putri dan putra. Di pramuka, aku diajarkan tentang banyak hal soal rasa tanggung jawab, saling menghargai dan menghormati sesama manusia. Aku juga sempat mengajar Pramuka di sebuah sekolah dasar negeri di Bogor Selatan. Disana aku mengajarkan hal-hal tentang Pramuka, mulai dari penggunaan sandi yang ada di Pramuka, hingga tata cara dasar baris berbaris. Di pramuka juga disibukan dengan beberapa program kerja setiap tahunnya seperti acara donor darah yang dilakukan minimal 3 bulan sekali, lalu ada acara bazar amal setiap bulan ramadhan, dan juga perlombaan tentang pramuka tingkat SMP se-kota Bogor yang dilakukan rutin setiap tahunnya. Aku juga sering mengikuti acara perkemahan yang di adakan sendiri oleh gugus depanku maupun perkemahan tingkat kota dan kabupaten Bogor.
            Pada tahun 2010, aku lulus SMA dan melanjutkan ke Universitas Pakuan Bogor. Meski sebelumnya aku sempat mengikuti tes saringan masuk di beberapa Universitas Negeri seperti SPMB DAN SNMPTN, namun gagal. Jadi akhirnya, aku mengikuti ujian masuk di Universitas Pakuan dan berhasil menjadi salah satu mahasiswi di Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan. Aku memilih jurusan akuntansi di Fakultas Ekonomi karena Fakultas Ekonomi memiliki ruang lingkup kesempatan kerja yang sangat luas. Banyak bidang pekerjaan yang nantinya bisa dilakoni. Karena bidang ekonomi ini bisa dibilang fleksibel. Kuliah di fakultas ekonomi memungkinkanku berpikir untuk menciptakan sebuah lapangan pekerjaan. Ini sangat penting, mengingat setiap tahunnya, Indonesia masih terus memiliki masalah peningkatan jumlah pengangguran. Fakultas ekonomi juga dipelajari lebih luas lagi seiring dengan perkembangan zaman. Namun semuanya sama fokus pada masalah ekonomi. Dan masalah ekonomi ini sangat penting karena ilmu ini dibutuhkan untuk membangun negara ini agar semakin berkembang dan maju. Semoga saja pilihanku benar dan aku berharap, semoga apapun yang ku cita-citakan semuanya tercapai. Dan kelak aku bisa menjadi orang yang berguna, berbakti, dan membanggakan kedua orang tuaku di masa depan.



#kerangka penulisan biografi ini :
            - terdiri dari 4 paragraf
- paragraf pertama berisi nama lengkap diri sendiri, nama orang tua, pekerjaan orang tua, agama, dan tempat tinggal.
- paragraf kedua berisi => masa-masa memulai dunia pendidikan dari TK hingga SMP, dan prestasi SMP.
- paragraf ketiga berisi => masa-masa SMA dan prestasi.
-paragraf keempat berisi => kuliah dimana dan harapan di masa depan


*sumber gambar : remingtonhendrik.blogspot.com

1 komentar: